Cara Merawat Kucing dengan Baik dan Benar

November 30, 2019

Kucing merupakan hewan menggemaskan yang paling sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Banyak jenis kucing yang bisa dijadikan hewan peliharaan mulai dari jenis ras asli hingga ras campuran. Namun memelihara kucing sebenarnya antara susah dan gampang karena tak jarang orang memelihara kucing hanya karena lucu tanpa tau cara merawat kucing.

Cara Merawat Kucing Lucu

Tips Mudah Cara Merawat Kucing Bagi Pemula

Kucing memang merupakan hewan peliharaan namun tetap harus dirawat dengan benar dan penuh kasih sayang seperti manusia agar tetap sehat dan menggemaskan. Berikut beberapa cara merawat kucing bagi pemula.

1. Sediakan litter box sebagai toilet kucing

Biasakan untuk mendisplinkan kucing anda sejak kecil terutama dalam hal membuang kotoran. Terdapat litter box yang berisi pasir sebagai tempat kucing membuang kotoran sehingga kucing tidak sembarangan mengotori rumah. Hal ini juga akan memudahkan anda untuk membersihkan kotoran.

2. Berikan air tawar sebagai air minum

Tips merawat kucing yang harus diketahui adalah dengan memberikan air minum berupa air tawar secukupnya karena air tawar bebas dari bahan kimia untuk memenuhi kebutuhan mineral kucing. Berikan air pada tempat minum yang bersih.

3. Berikan makanan yang bersih dan bernutrisi

Berikan makanan dengan asupan nutrisi yang cukup, pahami terlebih dahulu makanan mana yang cocok dan disukai kucing anda karena setiap kucing membutuhkan nutrisi makanan yang berbeda-beda. Umumnya anak kucing membutuhkan nutrisi dua kali lebih banyak daripada kucing dewasa. Anda bisa mulai memberikan anak kucing makan mulai umur 5-6 minggu walaupun masih menyusu dengan induknya namun lebih baik untuk memberikan wet food agar mudah dicerna anak kucing.

4. Jangan memberikan makanan anjing untuk kucing

Hal ini perlu diperhatikan bagi anda yang memelihara kucing dan anjing secara bersamaan. Mungkin anda ingin menghemat dengan memberikan makanan anjing untuk kucing ataupun sebaliknya. Perlu diketahui bahwa nutrisi dan kandungan pada makanan anjing dan kucing berbeda sehingga anda sebaiknya tidak menggabungnya karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Mandikan kucing secara teratur

Gunakan shampo khusus kucing dan mandikan secara teratur agar bulu kucing tetap sehat, tidak bau, dan terhindar dari kutu. Jangan gunakan air hangat ketika memandikan kucing karena akan merusak bulu dan kulit kucing. Untuk kucing yang sedang hamil dan anak kucing di bawah 6 minggu hindari untuk memandikan kucing namun jika kotor, anda bisa membersihkan tubuh kucing dengan handuk basah.

6. Sikat bulu kucing secara rutin

Kucing termasuk hewan yang mandiri dan selalu membersihkan bulunya sendiri namun tidak ada salahnya untuk membantu menyikat bulu kucing dengan sisir khusus terutama jika kucing anda memiliki bulu teba. Hal ini akan membuat bulu kucing tetap sehat dan mengurangi rontok pada kucing.

7. Jagalah kebersihan kucing

Selain mandi, kucing juga harus dibersihkan gigi, telinga, dan kuku. Jika dibiarkan kotor, kucing menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi.

8. Berikan obat cacing dan vaksin secara rutin

Untuk menjaga kesehatan kucing, pemberian obat cacing dan vaksin secara rutin wajib dilakukan untuk mencegah kucing terserang penyakit.

9. Buatlah suasana agar kucing merasa nyaman

cara merawat kucing yang baru saja datang ke rumah agar kucing merasa nyaman adalah dengan menyediakan tempat tidur, tempat makan dan minum, serta mainan kucing untuk menemaninya. Biarkan kucing mengeksplorasi rumah dan ajak bermain agar kucing bisa bergerak aktif dan lincah sehingga tidak merasa kesepian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+