Cairan Antiseptik Bermanfaat Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Diri

Cairan Antiseptik Bermanfaat Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Diri

Sejak adanya wabah virus Corona yang menyerang seluruh dunia termasuk tanah air. Banyak masyarakat yang menjadi lebih sadar akan kebersihan diri dan lingkungan. Hal ini karena dikatakan penyebaran virus corona dapat diputus dengan cara menjaga kesehatan dan kebersihan. Untuk melindungi diri dari bakteri dan kuman yang bertebaran, salah satu caranya adalah menggunakan cairan antiseptik. Sudah tahu apa itu antiseptik?

Mengenal Cairan Antiseptik

Antiseptik adalah salah satu zat kimia yang dapat membunuh kuman dan bakteri pada tubuh manusia. Caranya adalah dengan membersihkan tangan sesering mungkin menggunakan antiseptik ini.  Dengan begitu, maka penularan virus bisa dicegah, khususnya virus corona.

Antiseptik ini sendiri sebetulnya sudah lama sekali ada. Penggunaan pada mumi di zaman Mesir kuno pasalnya sudah menggunakan zat ini. Hingga akhirnya pada pertengahan abad, ada wabah seperti corona yang bernama Black Death yang menewaskan ratusan juta orang di seluruh dunia. Antiseptik pun terus berkembang, dari yang awalnya hanya berupa bahan-bahan alami, kini berkembang ke zat kimia.

Antiseptik jaman dulu memang tidak banyak seperti sekarang jenisnya. Alkohol atau wine adalah antiseptik yang dulu digunakan sebelum adanya perkembangan teknologi. Namun seiring berjalannya waktu, karena efek kemajuan teknologi antiseptik pun berkembang dan memiliki beragam jenis sekarang.

Bentuk-Bentuk Cairan Antiseptik

Antiseptik kini tersedia dalam beragam bentuk. Ada yang cair, ada yang berupa gel, dan ada juga yang berbentuk spray. Semua bentuk antiseptik ini tak lain agar penggunanya lebih mudah dalam pemakaiannya.

Antiseptik cair, gel dan spray tersebut hanya bentuknya saja yang berbeda. Namun, manfaatnya tetap sama yakni untuk membasmi kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh. Dengan berbagai bentuk antiseptik tersebut, maka cairan ini bisa dibawa kemana saja dan bisa digunakan kapan saja .

Misalnya saja cairan antiseptik untuk tangan, yakni salah satu antiseptik yang memiliki bentuk praktis dan mudah dibawa kemana saja. Biasanya bentuk antiseptik tersebut adalah gel. Jadi penggunanya bisa langsung diaplikasikan pada tangan yang telah memegang beragam benda. Cukup satu sampai dua tetes gel lalu diratakan pada permukaan kulit tangan. Tunggu hingga beberapa saat kuman dan bakteri yang menempel akan hilang.

Namun perlu diingat, setiap antiseptik memiliki aturan pakai. Agar tidak salah menggunakan maka baca terlebih dahulu aturan pakai yang selalu tertera pada kemasan. Jika tidak sesuai aturan pakai, bukan dapat menjaga kesehatan tapi nanti malah membahayakan kesehatan. Selalu budayakan membaca keterangan yang ada pada kemasan sebelum membuka dan memakainya.

Pentingnya Cairan Antiseptik

Pada intinya jika ingin terhindar dari segala macam jenis virus. Jagalah kebersihan diri dan lingkungan. Selalu cuci tangan dengan sabun agar kuman dan bakteri yang menempel bisa mati. Jangan terlalu sering menyentuh area wajah jika sedang di tempat umum. Selalu membawa dan menggunakan antiseptik kemanapun dan dimanapun.

Ada banyak antiseptik yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, mulai dari yang cair, gel, hingga spray. Dengan antiseptik tubuh bisa terhindar dari kuman dan bakteri. Untuk penggunaan seluruh badan bisa menggunakan antiseptik dalam bentuk cair yang bisa dicampur dengan air mandi. Selebihnya bisa menggunakan yang berbentuk gel dan spray.

Mari bersama melawan virus corona. Pastikan untuk mematuhi aturan atau protokol kesehatan yang sudah diberlakukan pemerintah. Jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dan diri. Dengan begitu segala macam virus termasuk covid-19 persebarannya bisa terputus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *